Ada 8 Kasus Baru, Bontang Sudah Transmisi Lokal Covid-19

  • Whatsapp
Press conference tim gugus covid-19 Bontang, Minggu (9/8/2020) sore

TIMUR. Pemkot Bontang melalui tim gugus Covid-19 rilis 8 penambahan baru pasien positif yang selanjutnya disebut kasus 28-BTG, 29-BTG, 30-BTG, 31-BTG, 32-BTG, 33-BTG, 34-BTG dan 35-BTG. Satu diantaranya merupakan warga Bontang dengan riwayat perjalanan ke Samarinda, yakni kasus 28-BTG. Sedangkan 7 lainnya, merupakan karyawan sebuah perusahaan, yang dilaporkan pihak perusahaan berdasarkan hasil pemeriksaan mandiri ke tim gugus Covid-19 Bontang.

Read More

Dari 8 kasus baru tersebut, Dinkes Bontang pun menyatakan sudah terjadi transmisi lokal dengan klaster baru. Tim Covid-19 Bontang pun dalam tahap pendalaman, khususnya perusahaan bersangkutan, guna memastikan seluruh langkah yang diambil untuk tindaklanjut penanganan.

“Saat ini kita baru menyebut klaster perusahaan, karena kami masih melakukan pendalaman,” kata Kepala Dinkes Bontang Bahauddin, saat press conference virtual dari PSC Bontang, Minggu (9/8/2020) sore.

Kepastian transmisi lokal didasari hasil tracing terhadap kasus 30-BTG, yang pernah melakukan kontak erat dengan 29-BTG karena bekerja di perusahaan yang sama. Selanjutnya 31-BTG terkonfirmasi dari hasil tracing 30-BTG, dan 32-BTG sampai 35-BTG merupakan hasil tracing kontak 30-BTG dan 31-BTG.

“Kami tengah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk memastikan tindaklanjut penanganannya,” tambah Bahauddin.

Meski begitu, Dinkes Bontang mengakui jika perusahaan bersangkutan telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai prosedur, seperti mewajibkan karantina mandiri dan pemeriksaan rapid test bagi karyawan dengan riwayat perjalanan luar kota, sehingga bisa mengetahui dengan cepat adanya karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami salut dengan protokol kesehatan oleh perusahaan bersangkutan, tapi kita tidak bisa mengetahui dimana dan kapan terpapar, dan itulah yang terjadi. Makanya besok (10/8) kami akan koordinasi lanjutan dengan perusahaan bersangkutan,” pungkas Bahauddin.(*)

Related posts