BNN Tetapkan Loktuan Salah Satu Kelurahan Percontohan Bebas Narkoba di Kaltim

  • Whatsapp
Ilustrasi: Pelayanan di Kantor Kelurahan Loktuan

TIMUR. Kelurahan Loktuan Bontang Utara, ditetapkan sebagai percontohan Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) di Kalimantan Timur. Loktuan merupakan satu dari tiga Kelurahan di Kaltim, yang ditetapkan sebagai Kelurahan Bersinar, setelah Kelurahan Pelita Samarinda dan Kelurahan Baru Ulu Balikpapan.

Read More

Kepala BNNK Bontang Agustinus Widdy Harsono, mengatakan Bontang masuk menjadi salah satu dari 654 kota di Indonesia yang terindikasi paling rawan narkoba. Dan Loktuan menjadi kelurahan yang paling rawan di Bontang, sehingga dibentuk Kelurahan Bersinar untuk upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba, termasuk memberikan edukasi bahaya barang haram tersebut ke masyarakat dengan berbagai program yang digagas.

“Penetapan Kelurahan Loktuan pun langsung dari (BNN) pusat, seperti dua kelurahan lainnya di Kaltim,” ujar Agustinus Widdy Harsono.

Dikatakannya, Kelurahan Bersinar akan menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkotika, dengan melibatkan perangkat kelurahan dan masyarakat.

“Kami juga libatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan PKK sebagai ujung tombak dalam membantu sosialisasi dampak dan bahaya narkoba,” tambah Widdy.

Kelurahan Bersinar merupakan program nasional BNN, bekerjasama dengan TNI-Polri, Pemerintah Daerah, serta komponen masyarakat untuk penanggulangan narkoba.

“Keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah dalam mencegah peredaran gelap narkoba perlu lebih intensif, agar mampu menurunkan angka penyalahgunaan khususnya di Bontang,” kata Widdy.(*)

Related posts