Calon Penerima Program Subsidi Membludak, Pemkot Bontang Verifikasi Ulang Warga Miskin

  • Whatsapp
Sekkot Bontang Aji Erlynawati

TIMUR. Sekretaris Kota Bontang Aji Erlyanawati, minta agar masyarakat mampu tak lantas pura-pura miskin untuk menerima dana stimulan yang digulirkan Pemkot Bontang senilai Rp500 ribu per Kepala Keluarga (KK). Sebab, dari kuota yang disiapkan 10.000 KK, jumlah pendaftar calon penerima program ini telah mencapai 11.145 KK. Padahal jika mengacu data terpadu Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang, jumlah Rumah Tangga Miskin ada 8.345 KK.

Read More

“Yang masih mampu jangan pura-pura miskin,” kata Aji Erlynawati, saat dihubungi Minggu (12/4/2020).

Untuk itu, Pemkot Bontang akan evaluasi ulang seluruh data yang masuk, sekaligus verifikasi jumlah calon penerima yang benar-benar berhak atas program tersebut.

“Jumlah yang kami terima melebihi target, segera akan kami evaluasi itu,” lanjut Aji Erlynawati.

Dirinya pun mengimbau agar warga mampu seharusnya lebih bijak terhadap hak-hak warga miskin, sebab program subsidi sudah diberikan bagi berbagai kelompok masyarakat, tak terkecuali ekonomi menengah. Seperti keringanan biaya listrik kelompok 900 Volt Ampher (Va) dan gratis bagi kelompok sambungan 450 Va.

“Pemerintah Bontang juga menggratiskan pembayaran PDAM selama 3 bulan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika proses evaluasi sudah selesai, pihaknya menargetkan distribusi bantuan dilakukan pada minggu ini.

“Kalau evaluasi sudah selesai kami distribusikan secepatnya, kalau bisa minggu ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (Dinsos-P2M) Bontang Abdul Safa Muha, mengatakan sudah 13 Kelurahan yang menyetor data. Sisa 2 kelurahan yang belum menyetor, diantaranya sebagian di Kelurahan Lok Tuan dan Kelurahan Api-Api.

“Kelurahan Lok Tuan yang baru 2 RT, Kalau Api-Api sama sekali belum mengirim data,” ucap Safa Muha.

Teknis penyaluran program subsidi ini meliputi uang tunai sebesar Rp 200 ribu, serta voucher sembako senilai Rp 300 ribu bisa ditukar ke gerai-gerai yang telah ditunjuk Pemkot. Masyarakat penerima pun harus memiliki nomor rekening, agar subsidi bisa langsung di transfer.

Berdasarkan data, Bontang Selatan memuncaki jumlah calon penerima sebanyak 7.132 KK, disusul Bontang Barat 2.245 KK, serta Kecamatan Bontang Utara 1.768 KK.(*)

Related posts