Dewan Minta Pemkot Bontang Pastikan Ketersediaan Sembako Jelang Ramadan

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris

TIMUR. Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris, meminta Pemkot melalui Dinas terkait untuk memastikan stok bahan pokok di pasaran aman jelang Ramadan tahun ini.

Read More

Politisi Gerindra ini menilai, ketersediaan stok sembako tentu sangat berpengaruh kepada warga yang menjalankan ibadah puasa. Jika tidak diantisipasi tentu akan mengalami kepanikan.

“Kita minta OPD terkait untuk terus memantau stok dan harga dipasaran dengan monitoring berkala,” ujar dia, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dirinya menilai jika ketersediaan komoditi langka, justru berpotensi ada spekulan nakal. “Ini artinya pemkot harus intens memantau harga dan stok sesuai kondisi,” tandasnya.

Diketahui, beberapa kebutuhan seperti bawang dan cabai menjadi komoditi yang kerap mengalami lonjakan harga akibat stok langka.
“Hukum pasar begitu, komoditi langka, harganya melejit. Ini yang harus diantisipasi,” ungkapnya.

Agus Haris pun berharap, ada upaya monitoring harga sembako. Dirinya meminta Pemkot Bontang melibatkan segenap stakeholder, baik dari Asosiasi hingga kalangan pedagang untuk memantau ketersediaan bahan pokok.

“Sehingga data ketersediaan bahan pokok yang dimiliki merupakan data riil di tiap pasar, pertokoan maupun pusat perbelanjaan,” tambah Agus Haris.

Kabid Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang Debora, optimistis stok sembako dipasaran jelang Ramadan dalam kondisi aman. Hal itu berdasarkan pantauan di tiga pasar utama, yakni Rawa Indah, pasar Telihan dan Loktuan.

“Untuk saat ini stok sembako aman dan terkendali, jumlah juga banyak. Jadi stok aman jelang Ramadan,” kata Debora. (ads)

Related posts