DPRD Kaltim Dorong Peningkatan Kualifikasi Guru di Daerah 3T

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Puji Setyowoti.

TIMUR. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Puji Setyowoti Mendorong agar pemerintah memperhatikan kondisi tenaga pendidik di daerah 3T (Terluar,Terpencil,Tertinggal).

Read More

Hal tersebut, pun tak lepas dari salah satu permasalahan yang menurutnya perlu diperhatikan yaitu, terkait peningkatan kompetensi guru.

Wakil ketua komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati berpendapat bahwa Kaltim perlu mempertahankan adanya zonasi sekolah.

Dirinya mengamati perbedaan yang ada di pulau Jawa dengan Kaltim, menurutnya transportasi yang terjangkau dan mudahnya akses guru itu juga cukup berpengaruh dalam aspek meningkatkan kompetensi para guru.

“Di Jawa infrastruktur hari ini menjangkau beberapa lokasi, tempat pelatihan itu cepat, sehingga guru disana lebih mudah mendapatkan akses pelatihan, dan¬†
Kemudian pembayaran yang dikeluarkan untuk pelatihan itu juga murah,” ungkap Puji, belum lama ini.

Selanjutnya, ia pun memaparkan Kondisi beberapa tenaga pengajar di Kaltim belum sepenuhnya mengerti terkait kurikulum yang berlaku saat ini, sebab beberapa guru belum mendapatkan pelatihan yang diinginkan tadi.

“Ada beberapa guru yang belum sempat mendapatkan muatan metodologi tentang kurikulum merdeka, itu mengalami kendala,” paparnya.

Dia berharap  kondisi tersebut segera diatasi dengan mempertimbangkan bagaimana meningkatkan kualifikasi tenaga pengajar khususnya, di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh pemerintah.

“Mudah-mudahan tahun ini, kami sudah pesan dengan dinas pendidikan harus dikonsentrasikan kepada daerah 3T (Terdepan, tertinggal, terpencil),” pungkasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts