Dua Kali Uji Lab, Pasien Bontang-1 Dinyatakan Negatif Covid-19

  • Whatsapp

TIMUR. Hasil uji laboratorium kedua terhadap pasien positif Covid-19 kode Bontang-1 dari klaster KPU dinyatakan negatif, setelah menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Taman Husada Bontang.

Read More

Juru bicara penanganan Covid-19 Bontang Adi Permana, menjelaskan kondisi pasien Bontang-1 dalam keadaan stabil dan terus membaik, setelah proses perawatan lebih dari 14 hari. Kendati baru melakukan uji swep 2 kali, Dinas Kesehatan Bontang belum memiliki opsi untuk memulangkan pasien tersebut.

“Sesuai protap Kementrian Kesehatan harus 3 kali (uji lab), kalau baru dua kali belum bisa dipastikan 100 persen negatif,” ujar Adi Permana

Perkembangan status COVID-19 Kota Bontang per Kamis (02/04/2020), menyebut ada 4.053 warga Bontang telah melapor ke PSC Call Center, dan 777 orang diantaranya telah selesai monitoring.

Sedangkan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 5 orang, satu diantaranya menjalani rawat inap dengan total 49 pasien. Dari jumlah tersebut tercantum 41 ODP menjalani isolasi mandiri, 1 rawat inap, dan selesai pemantauan 7 orang.

Warga yang baru datang dari berpergian diimbau wajib lapor, termasuk ODP wajib patuh terhadap protokol kesehatan untuk karantina mandiri.

“Sesuai arahan Wali Kota Bontang, monitoring diperlukan agar tidak menimbulkan stigma negatif di masyarakat,” tambah Adi.

Melansir rilis pers Pemerintah Kota Bontang, beberapa imbauan diharap bisa dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat diantaranya:

a. Menunda perjalanan ke luar daerah atau menerima tamu luar daerah.

b. Bagi yang baru berpergian dari luar negeri atau luar daerah melapor ke Call Center melalui telpon, WA 0811-5407-119 atau link https://bit.ly/covidbontang dan tidak harus datang ke PSC

c. Masyarakat melakukan social dan physical distancing dengan menghindari keramaian, membatasi jarak dengan orang lain, menjauhi kerumunan, bekerja dan belajar dari rumah, meminimalisir bersentuhan, menunda kegiatan massal.

d. Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, makan sayur dan buah, olahraga terukur, berjemur, jaga kebersihan
rumah dengan desinfeksi mandiri.

e. Tetap tenang, berfikir positif, bertindak proaktif, tidak mudah percaya berita hoax untuk menjaga kondusivitas. (saf)

Related posts