Layanan GeNose Sudah Bisa di Bandara APT Pranoto, Tarif Rp50 Ribu Sekali Tes

  • Whatsapp
Ilustrasi Tes GeNose C19

TIMUR. Bandara APT Pranoto Samarinda resmi membuka layanan tes GeNose C19, terhitung Jumat (9/4/2021). Layanan ini sesuai Surat Edaran No 12 Tahun 2021 Satgas Penanganan Covid-19, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Read More

Hasil deteksi GeNose, dapat menjadi salah satu opsi dokumen pelengkap syarat melakukan perjalanan transportasi udara.

Kepala UPBU Kelas I APT Pranoto Samarinda Agung Pracayanto, mengatakan pihaknya telah membuka website pendaftaran online tes GeNose bagi calon penumpang.

Pendaftaran tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi website http://genose.mediafarmapranoto.com/

Meski begitu, bagi masyarakat yang sudah terlanjur tiba di terminal bandara, juga disiapkan pendaftaran di klinik bandara.

“Tidak semua terinfokan (pendaftaran online), yang tidak terinfo atau handphone tidak mendukung pun tetap bisa mendaftar on site,” ujar Agung.

Terdapat beberapa tahapan dan persiapan yang harus dilakukan calon peserta tes, hal ini agar hasil tes lebih akurat, di antaranya:

  • Tidak merokok 1 jam sebelum peniupan kantung.
  • Tidak makan makanan yang menyengat dan minum (teh , kopi, dll) 30 menit sebelum test (dianjurkan berkumur dan minum air putih bila tidak puasa).
  • Tidak menggunakan parfum/minyak berbau menyengat.
  • Jika hasil positif, tidak bisa beralih ke pemeriksaan antigen. Untuk konfirmasi dilakukan pemeriksaan RT-PCR 3 hari kemudian.

Tarif yang harus dikeluarkan calon penumpang untuk tes GeNose di Bandara APT Pranoto sebesar Rp 50 ribu. Tarif ini lebih murah jika dibanding skrining lainnya, seperti rapid test ataupun swab antigen. (*)

Related posts