Pemprov Kaltim Lantik Basri-Najirah April 2021

  • Whatsapp
Kepala Biro Humas Setda Kaltim Syafranuddin (Foto: Humas Prov Kaltim)

TIMUR. Pemerintah Provinsi Kaltim menetapkan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih di Kota Bontang dan Kutai Barat digelar pada April mendatang.

Read More

Keputusan ini disampaikan Kepala Biro Humas Pemprov Kaltim, Syafranuddin usai mengikuti rakor dengan Dirjen Otoda, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dirinya menuturkan, pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Bontang serta Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat (Kubar) dijadwalkan berlangsung April nanti, walaupun Surat Keputusan (SK) Mendagri sudah terbit pada 24 Februari 2021.

Ivan-sapaan akrabnya mengatakan, dari hasil rakor tersebut ditetapkan tahapan pelantikan kepala daerah untuk gelombang pertama (sudah selesai), kedua, dan ketiga.

Pelantikan tahap pertama pada Jumat (26/2/2021). Sementara gelombang dua, dijadwalkan April depan bagi daerah yang masa pengabdian kepala daerah lama pada Februari 2021.

Namun keputusan KPU masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi untuk pembuktian, kemudian yang berakhir pada Maret dan April. Terakhir gelombang ketiga digelar pada Juli.

“Gelombang dua di Kaltim untuk Kota Bontang dan Kubar, sedangkan gelombang ke tiga yakni Kota Balikpapan. Nantinya, sesuai aturan jika kekosongan kepala daerah berjarak lebih satu bulan akan ditunjuk Pejabat Sementara. Sedangkan di bawah satu bulan akan ditunjuk pelaksana harian,” terang dia.

Dari 10 daerah di Kaltim, sembilan daerah melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020. Sementara kepala daerah yang sudah dilantik pada 26 Februari 2021 ada 6 pasangan, yakni Bupati/Wakil Bupati Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara, Paser, Kutai Timur, Berau dan Walikota/Wakil Walikota Samarinda. (jay/yans/humasprovkaltim)

Related posts