Deteksi Infeksi dengan Layanan Unggul Laboratorium RSUD Bontang

Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Taman Husada Bontang, dr. Eva Hartati, Sp. PK

TIMUR. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang terus meningkatkan keunggulan dalam layanan laboratorium. Peningkatan layanan ini telah didukung dengan peralatan uji sampel yang memadai dan Tenaga Kesehatan (Nakes) berkualitas.

Read More

Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Taman Husada Bontang, dr. Eva Hartati, Sp. PK menuturkan, beberapa layanan yang menjadi keunggulan di ruang laboratorium diantaranya layanan hematologi. Layanan ini dapat memeriksa hemoglobin, leukosit, trombosit dan eritrosit.

“Pemeriksaan darah secara menyeluruh masuk dalam layanan ini,” kata dr Eva, Jumat (1/7/2022).

Kedua, pemeriksaan kimia klinik, seperti pemeriksaan kadar gula, kadar lemak dalam darah, fungsi ginjal, fungsi jantung, kandungan oksigen di dalam darah atau asam urat dan sebagainya.

Ketiga, layanan imunologi. Tujuannya mendeteksi awal adanya infeksi virus, seperti, kemungkinan tipes, HIV, hepatitis B dan C dan sifilis. Selanjutnya layanan pemeriksaan torch, untuk mendeteksi infeksi pada ibu hamil.

“Pemeriksaan ini kami berikan ke wanita yang sedang menjalankan program hamil,” tandasnya.

Terakhir layanan mikrobiologi, yakni pemeriksaan ini untuk mengetahui bakteri di dalam tubuh. “Uji sampelnya bisa melalui darah dan jenis sample lain seperti urine, tinja dan cairan tubuh lainnya,” pungkasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts