RSUD Bontang Pastikan Makanan Pasien Penuh Gizi

Nutrisionis Koordinator Produksi dan Distribusi Instalasi Gizi RSUD Taman Husada Bontang Erna Susanti. S.Gz

TIMUR. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada berkomitmen memenuhi gizi setiap asupan makanan bagi pasien rawat inap.

Read More

Nutrisionis Koordinator Produksi dan Distribusi Instalasi Gizi RSUD Taman Husada Erna Susanti. S.Gz menuturkan, pemberian asupan makanan bergizi dapat mempercepat proses penyembuhan kondisi pasien dan mencapai status gizi optimal.

Semisal pemberian asupan makanan dengan kandungan tinggi protein dan kalori bagi pasien rawat inap yang mengidap infeksi. Protein berguna meningkatkan atau mengoptimalkan imunitas dari tubuh, mengganti jaringan yang rusak, dan menguatkan otot agar tak terjadi malnutrisi.

“Kami berikan makanan yang bervariasi, menarik, serta makanan bebas dari cemaran berbahaya, seperti kimia,” kata Erna, Rabu (6/7/2022).

Sementara, bagi pasien yang mengalami kondisi koma atau berkebutuhan khusus bakal mendapatkan asupan makanan cair (enternal).

“Kami berikan sehari enam kali pemberian enteral, tergantung kondisi pasien,”ungkapnya.

Dia mengatakan, beberapa bagian dari makanan yang tersaji, akan diambil untuk dijadikan sampel. Setelah itu disimpan dalam kulkas khusus.

Dalam setahun, sampel makanan dikirim sebanyak dua kali untuk dilakukan uji laboratorium, di Samarinda. Uji sampel makanan telah menjadi standar wajib dari bagian Kesehatan Lingkungan (Kesling).

“Dalam uji lab dapat mendeteksi bakteri dalam makanan. Sejauh ini belum pernah ada kasus keracunan makanan,”tandasnya.(*)

Follow dan Simak Berita Menarik Timur Media Lainnya di Google News >>

Related posts