Umat Katolik di Samarinda Rayakan Jumat Agung via YouTube

  • Whatsapp

TIMUR. Ditengah pandemi Covid-19, umat Katolik di Samarinda langsungkan perayaan Jumat Agung dalam mengenang kematian Yesus Kristus secara online melalui layanan live streaming YouTube. Umat Katolik di Keuskupan Agung Samarinda melakukan misa dari rumah dengan mengakses akun YouTube ‘Paroki Katedral Santa Maria Penolong Abadi’.

Read More

Dilansir Kompas.com, Pastor Paroki Gereja Katedral Santa Maria Penolong Abadi Samarinda, RD Moses Komela Avan, mengatakan melalui layanan daring umat bisa mengikuti ibadah yang sudah terjadwal sebelumnya. Mulai Kamis Putih, Jumat Agung, malam paskah (Sabtu) hingga di Hari Paskah.

Walau tak bisa hadir langsung, niat umat untuk menyatukan diri  dalam perayaan tersebut diimbau pastor Moses Komela tetap khusyuk seperti perayaan di gereja pada umumnya.

“Kami mengimbau agar  umat yang mengikuti perayaan ekaristi online, ikutilah perayaan dengan sungguh-sungguh, dari awal sejak akhir sebagaimana menghadiri perayaan di gereja pada umumnya,” ujar pastor Moses.

Meski secara daring, Pastor memastikan semua hal esensial dari liturgi tak ada yang hilang saat perayaan. Pastor pun meminta umat bisa menyiapkan tempat atau ruang khusus doa agar suasana bisa lebih mendukung.

Selain juga meminta dalam perayaan ekaristi saat komuni umat secara bersama-sama doa ‘komuni batin’. Sebab dalam perayaan biasanya pada momen ini umat Katolik mendapat pembagian hosti dari pastor sebagai tanda komuni kerinduan atau komuni rohani.(kmp)

Related posts