Dinilai Kooperatif Tanggapi Aduan, Raking Apresiasi PT CSM

  • Whatsapp
Anggota Komisi I DPRD Bontang, Raking

TIMUR. Anggota Komisi I DPRD Bontang, Raking, mengapresiasi PT Citra Setiawan Mandiri (CSM) yang memenangkan tender jasa Cleaning Service di Kantor Graha Taman Praja Bontang.

Read More

Terlebih, pasca penetapan pemenang tender, pihak CSM langsung melakukan koordinasi kepada Komisi I DPRD Bontang.

“Ini patut dijadikan contoh perusahaan lain, jangan ada masaalah baru mengadu ke Komisi I,” ujar Raking.

Ia menilai pihak CSM sangat kooperatif dalam hal pengaduan terkait tenaga kerja. Meski mencuat persoalan beberapa karyawan yang diberhentikan, Politisi Berkarya ini pun memberikan tanggapan soal itu.

“Perusahan mana yang mau rugi. Masa ada karyawan tidak pernah masuk kerja lalu mendapatkan gaji. Ini kan aneh, ya wajar saja kalau pihak CSM mengambil keputusan pemberhentian,” terang Raking.

Dirinya pun meminta agar pihak CSM dan pekerja, mampu meminimalisasi potensi kecemburuan sosial bagi karyawan.

“Apa yang diadukan memang perlu dievaluasi. Terkait 9 orang itu yang mengetahui persis ownernya, dan yang jadi kendala ada beberapa karyawan yang tidak pernah masuk kerja namun tetap digaji. Kesan inilah yang menimbulkan kecemburuan sosial bagi karyawan lainnya,” timpal Raking.

Sementara koordinator pekerja PT CSM Irmayanti, menilai tidak diperpanjangnya kontrak kerja telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2018. Dimana untuk pekerjaan yang jenisnya terus menerus, tidak dapat dilakukan penghentian kontrak secara sepihak.

“Apa alasan kami tidak diperpanjang, lamaran kerja kami serahkan. MCU (medical check up) juga kami ikuti,” ungkap dia.

Irmayanti juga mempertanyakan dasar evaluasi kinerja, apakah CSM dapat melakukan evaluasi secara objektif, sementara pekerjaan baru berjalan kurang dari satu bulan karena CSM menang tender di awal Februari lalu.

“Ini pekerjaan sama, kami tidak diperpanjang. Sementara, langsung ada orang baru yang menggantikan,” ucapnya.

Perwakilan manajemen PT CSM Jamal, menyatakan dari 21 pekerja tidak seluruhnya kontrak dilanjutkan. Dimana ada 7 orang di posisi pengawas tidak dilanjutkan, sebab posisi ini strategis sehingga harus diisi oleh orang kepercayaan.(Ads)

Related posts