Pemprov Kaltim Dukung Sinergi Multipihak untuk Pembangunan Pertanian

  • Whatsapp
Pendandatanganan komitmen antara Pemprov Kaltim dengan stakeholder dalam mendukung pembangunan pertanian (Foto: Humas Prov Kaltim)

TIMUR. Bangun komitmen pengembangan pertanian daerah, Pemprov Kaltim bersama stakeholders terkait lakukan penandatanganan kerjasama, pada Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi (Rakorsin) Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura se-Kaltim, di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan, Rabu (24/3/2021).

Read More

Pihak-pihak yang menandatangani komitmen diantaranya Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kaltim Siti Farisyah Yana, Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, Vice President Bank BRI Ahmad Muzakky, Branch Manager Jasindo Ibnu Patria As Sidik, Pimwil Bulog Kaltim dan Kaltara Arrahim K. Kanam, dan Kepala Stasiun Meteorologi Samarinda Riza Arian Noor.

“Saya tahu ada Pupuk Kaltim, Bank BRI, Asuransi Jasindo dan Bulog. Ini komponen penting dan memiliki peran sangat strategis membangun pertanian kita,” kata Gubernur Isran Noor.

Menurut Gubernur, pemangku kepentingan sangat berperan dalam mendorong kegiatan pertanian di masa pandemi Covid-19 saat ini. Komitmen yang dibangun para pihak akan memberikan dukungan terhadap akses permodalan perbankan, melalui penyaluran KUR atau kredit lainnya kepada petani/Poktan/Gapoktan/Korporasi Petani di Kaltim.

Selain juga melakukan pendampingan secara intensif dalam penerapan teknologi budidaya berkelanjutan, penyediaan agro input, kemitraan akses permodalan, asuransi budidaya pertanian, offtaker di Kaltim.

“Saya sangat berharap kita sungguh-sungguh merealiasikan komitmen ini,” kata Isran.

Apalagi untuk mendukung pasca panen, dengan menyerap produk hasil panen dengan harga wajar, serta berperan dalam pengembangan pasar atas produk yang dihasilkan. Termasuk dukungan dan pelatihan kepada petugas POPT-PHP Dispan TPH Kaltim, serta masyarakat tani terhadap dampak perubahan iklim dan mitigasinya.

“Lakukan sesuai aturan dan ketentuan, serta evaluasi setiap tahun,” imbau Isran.(yans/sdn/humasprovkaltim)

Related posts