TIMUR. Walikota Balikpapan Mochamad Rizal Effendi meninjau kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 107 Tahun 2020 di Manggar, Balikpapan. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Dansatgas TMMD Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, tokoh masyarakat dan memberikan apresiasi kepada anggota TMMD yang bekerja dengan dedikasi tinggi sehingga pelaksanaan TMMD lebih cepat selesai dari waktu yang ditentukan.

“Kepada seluruh masyarakat apabila pada saat melaksanakan TMMD ada prajurit yang sikap dan tingkah lakunya tidak sesuai mohon dimaafkan,” kata Walikota Rizal dengan nada bercanda.

Komandan Satgas TMMD Reguler ke-107 Kodim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa menuturkan, TMMD yang sedang dilaksanakan di antaranya pembangunan fisik berupa pelebaran dan pengerasan jalan penghubung Desa Manggar dengan Transad Km.8 di jalan Proklamasi sepanjang 2500 meter dengan lebar 6 meter, Jambanisasi, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni dan pembangunan fisik lainnya. Kemudian, pemberian bantuan paket sembako, penyuluhan anti narkoba, radikalisme, kesehatan, kamtibmas, bela negara, dan pertanian.

“Ini adalah bentuk sinergitas antara pemerintah kota dengan TNI membantu masyarakat, terutama di dalam membangun jalan penghubung ini,” kata Dandim.

Program TMMD Kodim Balikpapan ini mendapat dukungan dari berbagai komponen masyarakat dan ormas. Setiap hari di lokasi TMMD selalu hadir masyarakat yang membantu dan bekerja gotong rotong berbaur dengan satgas TMMD.

“Sangat luar biasa yang kemarin jalan ini tidak bisa dilewati saat musim hujan, sekarang sudah bisa. Ternyata keahlian TNI beraneka ragam, di samping untuk perang pertahanan negara juga ada yang bisa teknik arsiteknya, teknik sipil juga,” ujarnya. (ikr)