TIMUR. Upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 107 Kodim 0905/Balikpapan, Senin, 16 Maret 2020 silam, batal dilakukan. Pembatalan dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 atau virus corona di wilayah Balikpapan .

Komandan Kodim 0905/Balikpapan Kolonel Arm Agung Putu mengatakan pembatalan dilakukan menindaklanjuti instruksi Komando Atas, untuk tidak melakukan kegiatan pengerahan massa. Hal itu, guna memutus mata rantai penularan VIRUS tersebut.

Meski tidak ada acara upacara pembukaan, pihaknya memastikan kegiatan TMMD tetap berjalan. Dimulai dengan apel dan pengecekan satuan tugas (Satgas) di Makodim 0905/Balikpapan. Sekitar pukul 08.00, Satgas dilepas menuju Manggar, Kecamatan Balikpapan.

Kepada para Satgas, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu berpesan agar menjalankan tugas ini dengan sebaik mungkin. Selain itu, tetap menjaga kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat. Ditengah merebaknya virus corona, dia berpesan agar TNI bisa menjaga kondisi kesehatannya. Terlebih mereka bertugas di ruang terbuka.

“Tata cara pencegahan corona telah diajarkan, bisa diterapkan dan disebarkan ke masyarakat,” ujar dia.

Termasuk sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan jaga pola makan, asupan gizi, olahraga dan higiene sanitasi juga perlu dilakukan. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya preventif virus corona.

“Secara formal kita sudah kerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintahan Kota. Namun, para anggota TNI bisa mensosialisasikannya secara informal kepada masyarakat,” kata dia.

Diketahui, TMMD Reguler 107 ini memiliki sasaran utama pelebaran dan pengerasan jalan atau agregat sepanjang 2500 meter yang menghubungkan Manggar dan Transad KM 8. (ikr)