TIMUR – Kasus prostitusi online yang menjerat aktris sinetron, Vanessa Angel hanyalah permukaan dari gunung es. Di bawah permukaan itu, ada jejaring prostitusi yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Di dua kota utama di Kaltim, tak sulit menemukan aktifitas yanan seks, mirip seperti yang menjerat Vanessa.

Dengan menjamurnya layanan kencan online, Vanessa sepertinya hanya sedang sial. Cobalah sesekali berkunjung ke beberapa aplikasi chatting sosial media. Ada beberapa layanan chatting yang menawarkan pertemanan, tetapi isinya adalah etalase bak lokalisasi. Bedanya, Anda tak perlu pergi ke suatu tempat untuk bertransaksi.

Di aplikasi berbahasa utama Tiongkok itu, sandi utama untuk mengetahui member biasa dengan spesial adalah “Open BO.”

Aplikasi itu menawarkan pencarian teman berdasarkan jarak tertentu. Ketika mengaktifkan fitur itu, akan muncul nama-nama orang yang berada di sekitar hingga jarak tertentu.

Ada juga apllikasi dari negeri serumpun kita. Fitur utamanya agak mirip. Tetapi dibumbui dengan beberapa tambahan fitur lain. Secara garis besar sangat mirip seperti yang pertama, hanya berbeda pengembang. Isinya sama. Etalase.

Cara mendaftar sebagai pengguna pun tak terlalu sulit. Tinggal download lalu masuk menggunakan akun email, atau akun media sosial lain. Selanjutnya, tinggal membuat nama pengguna, dan silakan berselancar ria.

Kebebasan berekspresi dalam aplikasi ini sempat beberapa kali diributkan. Bukan soal aktifitas tak biasa di dalamnya. Tapi tentang maraknya penipuan yang kerap terjadi. Beberapa member di grup diskusi tertentu pernah mengaku tertipu. Sudah mengirimkan dana, tapi “barang” yang dia beli tak kunjung datang.

Itu sisi lainnya. Tapi kalau tidak sedang sial seperti Vanessa, ada banyak akun yang benar-benar menawarkan jasa plus. Ya, ini memang era kebebasan berkomunikasi.

Tak ada lagi batas. Orang bisa bebas berkomunikasi. Bebas terhubung. Dan bebas bertransaksi. Sekali lagi, kalau sedang tak sial, prostitusi sekarang tak perlu tempat khusus. (*)

Selengkapnya: Majalah Timur Edisi Januari 2019 (Dapatkan Segera)