Jejaring Prostitusi Daring

  • Whatsapp

TIMUR – Kasus prostitusi daring, artis Vanesa Angel dan model majalah dewasa Avriellya Shaqila –di salah satu hotel di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2019)– menyiratkan pesan sederhana; layanan kencan plus-plus semakin mudah diakses hanya dengan satu genggaman tangan. Kapan saja. Di mana saja. Oleh siapa saja

Read More

ADA adagium satire soal penyebutan nama lain pekerja seks komersil atawa PSK di dunia maya. Sebagian netizen menyebut mereka sebagai “Properti Publik”. Lainnya menyebut “Perempuan yang Sudah Go Public”. Di era teknologi yang kini seolah tak berbatas, bisnis prostitusi seolah menemukan muaranya dalam mencari “mangsa” dari pelbagai kalangan.

Kasus prostitusi daring yang menjerat artis Vanesa Angel dan model majalah dewasa Avriellya Shaqila, seolah-olah menjadi kunci untuk membuka kotak pandora gelap para pelaku lain dipelbagai tempat. Termasuk Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Majalah Timur mencatat ada sejumlah kasus dan kabar prostitusi online yang ter-publish ke publik sejak 2016 hingga 2018.

Baca Juga: Gadis 16 Tahun Itu, Justru Jajakan Perempuan Dewasa

Kami juga mencoba menelusuri rekam jejak PSK muda dan dewasa di dunia digital dengan menggunakan keyword khusus di search engine pelbagai platform sosial media. Hasilnya, tentu ada banyak informasi bagaimana cara dan pola perempuan-perempuan ini menawarkan diri kepada mereka yang berminat menggunakan jasa cinta satu malam.

NC –inisial pelaku prostitusi daring yang kami temukan via platform Twitter– adalah satu dari sekian banyak “pemain” esek-esek yang sudah eksis sejak Maret 2017. Fakta itu terlihat dari lampiran aktivasi account Twitter yang ia miliki di kolom biografi. Sejak awal postingan –dari 4.897 postingan yang telah diunggah– perempuan berkulit putih ini sudah menampilkan foto syur dengan menggunakan tanktop dan hotpants.

Unggahan senada yang juga digunakannya sebagai profile picture dan cover account Twitter miliknya untuk menarik follower yang sebagian besar merupakan pria hidung belang. Tidak heran, jumlah pengikutnya cukup banyak, 8.541 follower –per Minggu (12/1/2019). “Open BO (booking, Red.) area Samarinda. Member: Open VCS (video call sex, Red.), video + photo. Minat DM (direct message, Red.),” cuit NC dalam caption photo miliknya.

Dibeberapa postingan lain, NC giat menggunggah foto dan video pendek miliknya tanpa busana. Bahkan, NC tak canggung mem publish bagian vital dari tubuhnya. Informasi syarat untuk bisa kencan dengan perempuan berambut blonde tersebut sejatinya sudah tersedia di bio account miliknya. Mulai syarat down payment atawa DP untuk short time maupun dan long time via DM dengan ketentuan berlaku. “Tinggal 1 slot lagi hari ini. Buruan. Minat DM. Wajib DP,” tulisnya di-caption photo lain.

Ada pula informasi yang cukup masif diberikan NC ketika melakukan open BO di waktu dan jam-jam tertentu. Informasi itu juga ditambah dengan capture foto lokasi untuk menarik minat pria hidung belang. Menariknya, dalam setiap postingan tersebut, NC menyebut “jadwal tour” dibeberapa kota di Kaltim. “Open BO full slot Samarinda 25 Oktober, Balikpapan 2 November, Bontang 15 November, Sanggata 27 November,” tulis NC di tweet-nya.

Tak butuh waktu lama bagi NC untuk menerima respon dari mereka yang ingin segera bercinta. Pun dengan akun-akun promote dengan ribuan pengikut yang memposting ulang informasi yang diberikan NC. Sayangnya, Majalah Timur yang mencoba untuk berkomunikasi dengan NC via DM tak mendapat respon sejak Sabtu (5/1/2019). (fs)

Related posts