TIMUR – Rapat terbatas di Kantor Staf Presiden menghasilkan 8 poin kebijakan. Kebijakan itu turun setelah melalui komunikasi langsung dengan Presiden Joko Widodo. Sifatnya sangat mendesak untuk dilaksanakan. Dari kantor staf, delapan item perintah itu kemudian beredar di ruang-ruang obrolan terbatas. Media ini mendapatkan bocoran semua list keputusan rapat itu dari sumber akurat.

Keangkeran sisa galian tambang di Kaltim memang bikin gregetan. Staf presiden menurunkan enam orang timnya ke Samarinda. Tugasnya sederhana, mendatangi seluruh keluarga korban lubang tambang. Mendata ulang perusahaan-perusahaan yang terkait lubang tambang maut dan melihat secara langsung kondisi kolam tambang yang menelan korban jiwa.

Kesimpulannya, Presiden Jokowi, melalui delapan perintahnya itu ingin segera mengakhiri petaka tambang di Bumi Etam. Timur yang mendapatkan bocoran delapan perintah Jokowi itu bahkan dibuat terheran-heran.

Bagian menarik dari semua itu ada di list nomor 1. Isinya, tidak ada alias kosong. Tak ada satu kata atau kalimat yang dituangkan di dalamnya. Tapi jangan terkecoh. Ini merupakan kode khusus yang dijalankan utusan Kantor Staf Presiden.

Kebijakan pertama dilakukan dengan cara silent. Termasuk rencana menutup izin perusahaan-perusahaan yang menjadi biang tewasnya 24 korban sepanjang 2011 hingga 2016.

“List nomor 1 itu silent, paham kan maksudnya?” ucap sumber terpercaya Timur yang berada di Istana Negara.

Prev1 of 3